Rabu, 27 September 2017

Kepulauan Karimata

Kepulauan Karimata


Kepulauan Karimata Kayong Utara kalbar

Destinasi wisata Kepulauan Karimata terdiri dari beberapa pulau kecil yang terletak di pesisir barat Kalimantan tempatnya berada di kabupaten kayong utara. Pulau yang paling besar adalah Pulau Karimata. Karimata mempunyai ekosistem yang menakjubkan seperti mangrove dan hutan tropis

Gugusan Kepulauan Karimata yang terletak di Kabupaten Kayong Utara sejak lama sudah ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kehutanan No. 2240/DJ/I/1981 tanggal 15 Juni 1981 dengan luas 77.000 ha.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 381/Kpts – II/1985 Cagar Alam Kepulauan Karimata ditunjuk sebagai Cagar Alam Laut dengan luas 77.000 ha. Jadi kemolekan dan keelokan kawasan ini masih alami dan asli. Hutannya masih terjaga keasliannya dengan aneka satwa dan pantai dengan pasir putih yang indah. 

Kawasan ini terutama Pulau Karimata dikenal dengan keindahan alamnya yang menjanjikan baik daratan pulaunya, pantainya dan tentunya alam bawah lautnya. Kawasan ini menyimpan potensi keindahan karang yang tak kalah indahnya dibanding kawasan-kawasan lain di Indonesia, bahkan mungkin dunia jika sudah dikelola dengan baik.

Destinasi wisata bahari yang harus anda kunjungi saat anda berkunjung di kayong utara. Destinasi wisata  kepulauan karimata terkenal karena wisata baharinya, karena Pemandangan laut yang ada di daerah ini sangat eksotis dan masih alami, terumbu karang masih terjaga dengan baik, dan ikannyapun masih banyak sangat cocok bagi anda yang hobi menyelam. 

Untuk akses menuju ke Kepulauan Karimata tidaklah terlalu sulit, apalagi saat ini pemkab kayong sudah menyediakan sarana transportasi berupa kapal motor yang beroperasi dua kali dalam sepekan. Cukup dengan biaya Rp 75 ribu, kita sudah sampai di lokasi dengan waktu tempuh kurang lebih 8 jam .

Kecamatan Kepulauan Karimata mempunyai beberapa desa yang bisa anda jadikan tujuan wisata. Namun antara desa satu dan yang lainnya berada di pulau lain, sehingga membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke sana. Namun demikian, rasa letih tersebut akan terbayar dengan pemandangan yang bisa kita saksikan sepanjang perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar