Rabu, 27 September 2017

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)

Taman Nasional Gunung Palung (TNGP)


Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) kalimantan barat

Taman Gunung Palung kawasannya meliputi Kabupaten Ketapang sampai dengan kabupaten kayong uatara yang memiliki Luas kurang lebih 90.000 hektar, dengan areal terbentang di Kecamatan Matan Hilir Utara, Sukadana, Simpang Hilir, Nanga Tayap, dan Sandai.

Taman Nasional Gunung Palung Kalimantan Barat Indonesia merupakan kawasan yang mempunyai ekosistem yang bisa dikatakan sebagai taman nasional terlengkap di antara taman-taman nasional di Indonesia. Di kawasan Taman Nasional Gunung Palung juga terdapat Gunung Palung yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1.116 meter dari permukaan laut.

Selain itu, Taman Nasional ini juga habitat bagi sekira 2.200 ekor orangutan. Untuk jenis Bekantan mamalia dengan jumlah terbesar populasinya di Taman nasional tersebut. Taman nasional ini merupakan satu-satunya kawasan hutan tropika Dipterocarpus yang terbaik dan terluas di pulau Kalimantan.

Sekitar 65 persen kawasan, masih berupa hutan primer yang tidak terganggu aktivitas manusia dan memiliki banyak komunitas tumbuhan dan satwa liar. Taman Nasional Gunung Palung ini juga sebagai salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka-ragaman hayati bernilai tinggi, dan berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu diselimuti kabut.

Bagi yang tertarik untuk menikmati wisata alam di kalimantan barat tempatnya di Kabupaten ketapang, anda bisa memperoleh Informasi dan reservasi untuk mengenai Taman Wisata Gunung Palung yang beralamat di Jalan Wahid Hasyim 41/A,78812, Telp/Fax (0534) 33539 Ketapang-Kalimantan Barat, atau letak Taman Nasional Gunung Palung di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar